KAMPUNG BUDAYA BLITAR

Budaya adalah sesuatu diwariskan dari generasi ke generasi yang patut kita jaga

"Kelurahan Blitar sebagai salah satu kelurahan yang menjadi gudang kesenian di Kota Blitar karena banyaknya jumlah seniman yant terdiri dari 5 kelompok jaranan yang masing masing anggotanya sekitar 50 orang, 3 kelompok karawitan, 1 kelompok campursari dan 1 kelompok orkes dangdut membuat kelurahan Blitar sebagai salah satu kelurahan yang paling kuat melestarikan seni tradisi dan budaya di Kota Blitar," jelas Suraya, pimpinan Kampung Adipati Aryo Blitar.  

Selain berdiskusi dan tukar kaweruh, rombongan sangat senang dan antusias mengikuti latihan menari topeng dan mengunjungi situs budaya sumur windu Ken Dedes, Makam empu topeng Buyut Reni, serta melihat proses kegiatan membuat topeng kayu dan membatik.

Besarnya potensi seni tradisi dan langgengnya budaya Kampung Budaya Adipati Aryo Blitar ini sudah tentu menjadi daya tarik wisata. Ki Demang selaku pemangku KBP memberikan masukan sekiranya Kampung Adipati Aryo Blitar dapat dijadikan paket wisata budaya dengan paket-paket wisata lainnya, seperti ziarah Makam bung Karno, makan gantung, makam mbah bendo, dll.

Selain itu bisa juga menjadi bagian dari paket wisata edukasi bagi pelajar dan masyarakat yang ingin mendalami seni tradisi dan budaya di Kota Blitar.

Yang paling penting jika mau mengembangkan kampung wisata, maka yang harus dilakukan adalah bagaimana warga mengisi ruang kosong dengan melakukan kegiatan yang secara rutin berdasarkan kearifan lokal masyarakat.


Galeri Kampung Budaya blitar